KALIURANG

Senin, 24 Agustus 2009


Kaliurang yang berada di ujung paling utara kota Jogja, adalah tempat peristirahatan di kaki Gunung Merapi. Tempat wisata ini dari jaman dahulunya telah dikenal sebagai tempat peristirahatan Belanda pada masa penjajahan. Seiringnya perjalanan waktu, Kaliurang kemudian menjadi tempat peristirahatan orang-orang kondang kota Jogja.

Berbagai villa dan tempat peristirahatan lain tersedia di daerah ini. Terletak sekitar 24 kilometer di sebelah utara kota Jogja, Kaliurang dapat menjadi tempat pelarian dari penatnya kehidupan kota.

Hawanya yang sejuk mampu mengembalikan kesegaran badan dan pikiran. Namun, tak jarang pula Kaliurang dijadikan lokasi untuk mengadakan rapat atau pertemuan penting. Selain tempat beristirahat, Kaliurang juga menyediakan tempat untuk berkemah dan jalur-jalur yang dapat dilalui untuk trekking.

Pada waktu-waktu tertentu, acara-acara hiburan juga diadakan di Kaliurang, baik pagi hari ataupun malam hari. Mulai dari kesenian tradisional semacam Jatilan hingga rave party yang sedang marak. Di malam tahun baru, terkadang juga diadakan pesta kembang api dan panggung-panggung hiburan yang dapat menyedot pengunjung dari kota Jogja.

Villa-villa yang ditawarkan di Kaliurang memiliki berbagai macam variasi harga sewa mulai dari Rp 150.000,- per malam. Selain villa, ada pula motel-motel yang menyewakan per kamar dengan harga bervariasi. Sebagai pelengkap, tersedia pula restoran dan tempat makan yang menyediakan berbagai macam masakan, baik tradisional maupun internasional.

Bila mengunjungi Kaliurang, jangan lupa untuk singgah sebentar dan membeli makanan khas Kaliurang yang berupa jadah, yaitu makanan yang terbuat dari ketan. Tempe dan tahu bacem akan menjadi pelengkap dari jadah, walaupun jadah cukup lezat untuk dimakan tanpa pelengkap.

Menggunakan kendaraan bermotor, perjalanan selama 45 menit dari Jogja dapat ditempuh dengan mudah. Retribusi yang ditarik pun masih wajar dan tidak terlalu mahal. Perjalanan ke Kaliurang pun tak akan mengecewakan walaupun Anda tak mempunyai banyak waktu untuk menikmatinya.

1 komentar:

Reyno mengatakan...

jogja emang keren... aku kemarin juga dari kaliurang.. tarif nginepnya yang losmen ada yang harga mahasiswa...(wkwkwkwkwk)

Posting Komentar

 
 
 

Prestasi Jogja

 
Copyright © love jogja