Senin, 21 September 2009



Rabu, 16 September 2009




4 sale

cocona 4 sale!

dijual murah

Senin, 14 September 2009


Spek : Atom N270, 1GB DDR2, 160GB HDD, GbE NIC, WiFi, Bluetooth, VGA Intel GMA950 64MB (shared), Camera, 10.1" WVGA, Win XP Home (with 6 cell battery) Hub :sms telp : 085743658666 lokasi :JOGJA

Prambanan, Candi Hindu Tercantik di Dunia

Jumat, 11 September 2009


Candi Prambanan adalah bangunan luar biasa cantik yang dibangun di abad ke-10 pada masa pemerintahan dua raja, Rakai Pikatan dan Rakai Balitung. Menjulang setinggi 47 meter (5 meter lebih tinggi dari Candi Borobudur), berdirinya candi ini telah memenuhi keinginan pembuatnya, menunjukkan kejayaan Hindu di tanah Jawa. Candi ini terletak 17 kilometer dari pusat kota Yogyakarta, di tengah area yang kini dibangun taman indah.

Ada sebuah legenda yang selalu diceritakan masyarakat Jawa tentang candi ini. Alkisah, lelaki bernama Bandung Bondowoso mencintai Roro Jonggrang. Karena tak mencintai, Jonggrang meminta Bondowoso membuat candi dengan 1000 arca dalam semalam. Permintaan itu hampir terpenuhi sebelum Jonggrang meminta warga desa menumbuk padi dan membuat api besar agar terbentuk suasana seperti pagi hari. Bondowoso yang baru dapat membuat 999 arca kemudian mengutuk Jonggrang menjadi arca yang ke-1000 karena merasa dicurangi.

Candi Prambanan memiliki 3 candi utama di halaman utama, yaitu Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa. Ketiga candi tersebut adalah lambang Trimurti dalam kepercayaan Hindu. Ketiga candi itu menghadap ke timur. Setiap candi utama memiliki satu candi pendamping yang menghadap ke barat, yaitu Nandini untuk Siwa, Angsa untuk Brahma, dan Garuda untuk Wisnu. Selain itu, masih terdapat 2 candi apit, 4 candi kelir, dan 4 candi sudut. Sementara, halaman kedua memiliki 224 candi.

Memasuki candi Siwa yang terletak di tengah dan bangunannya paling tinggi, anda akan menemui 4 buah ruangan. Satu ruangan utama berisi arca Siwa, sementara 3 ruangan yang lain masing-masing berisi arca Durga (istri Siwa), Agastya (guru Siwa), dan Ganesha (putra Siwa). Arca Durga itulah yang disebut-sebut sebagai arca Roro Jonggrang dalam legenda yang diceritakan di atas.

Di Candi Wisnu yang terletak di sebelah utara candi Siwa, anda hanya akan menjumpai satu ruangan yang berisi arca Wisnu. Demikian juga Candi Brahma yang terletak di sebelah selatan Candi Siwa, anda juga hanya akan menemukan satu ruangan berisi arca Brahma.

Candi pendamping yang cukup memikat adalah Candi Garuda yang terletak di dekat Candi Wisnu. Candi ini menyimpan kisah tentang sosok manusia setengah burung yang bernama Garuda. Garuda merupakan burung mistik dalam mitologi Hindu yang bertubuh emas, berwajah putih, bersayap merah, berparuh dan bersayap mirip elang. Diperkirakan, sosok itu adalah adaptasi Hindu atas sosok Bennu (berarti 'terbit' atau 'bersinar', biasa diasosiasikan dengan Dewa Re) dalam mitologi Mesir Kuno atau Phoenix dalam mitologi Yunani Kuno. Garuda bisa menyelamatkan ibunya dari kutukan Aruna (kakak Garuda yang terlahir cacat) dengan mencuri Tirta Amerta (air suci para dewa).

Kemampuan menyelamatkan itu yang dikagumi oleh banyak orang sampai sekarang dan digunakan untuk berbagai kepentingan. Indonesia menggunakannya untuk lambang negara. Konon, pencipta lambang Garuda Pancasila mencari inspirasi di candi ini. Negara lain yang juga menggunakannya untuk lambang negara adalah Thailand, dengan alasan sama tapi adaptasi bentuk dan kenampakan yang berbeda. Di Thailand, Garuda dikenal dengan istilah Krut atau Pha Krut.

Prambanan juga memiliki relief candi yang memuat kisah Ramayana. Menurut para ahli, relief itu mirip dengan cerita Ramayana yang diturunkan lewat tradisi lisan. Relief lain yang menarik adalah pohon Kalpataru yang dalam agama Hindu dianggap sebagai pohon kehidupan, kelestarian dan keserasian lingkungan. Di Prambanan, relief pohon Kalpataru digambarkan tengah mengapit singa. Keberadaan pohon ini membuat para ahli menganggap bahwa masyarakat abad ke-9 memiliki kearifan dalam mengelola lingkungannya.

Sama seperti sosok Garuda, Kalpataru kini juga digunakan untuk berbagai kepentingan. Di Indonesia, Kalpataru menjadi lambang Wahana Lingkungan Hidup (Walhi). Bahkan, beberapa ilmuwan di Bali mengembangkan konsep Tri Hita Karana untuk pelestarian lingkungan dengan melihat relief Kalpataru di candi ini. Pohon kehidupan itu juga dapat ditemukan pada gunungan yang digunakan untuk membuka kesenian wayang. Sebuah bukti bahwa relief yang ada di Prambanan telah mendunia.

Kalau cermat, anda juga bisa melihat berbagai relief burung, kali ini burung yang nyata. Relief-relief burung di Candi Prambanan begitu natural sehingga para biolog bahkan dapat mengidentifikasinya sampai tingkat genus. Salah satunya relief Kakatua Jambul Kuning (Cacatua sulphurea) yang mengundang pertanyaan. Sebabnya, burung itu sebenarnya hanya terdapat di Pulau Masakambing, sebuah pulau di tengah Laut Jawa. Lalu, apakah jenis itu dulu pernah banyak terdapat di Yogyakarta? Jawabannya silakan cari tahu sendiri. Sebab, hingga kini belum ada satu orang pun yang bisa memecahkan misteri itu.

Nah, masih banyak lagi yang bisa digali di Prambanan. Anda tak boleh jemu tentunya. Kalau pun akhirnya lelah, anda bisa beristirahat di taman sekitar candi. Tertarik? Datanglah segera. Sejak tanggal 18 September 2006, anda sudah bisa memasuki zona 1 Candi Prambanan meski belum bisa masuk ke dalam candi. Beberapa kerusakan akibat gempa 27 Mei 2006 lalu kini sedang diperbaiki.


Naskah: Yunanto Wiji Utomo

Peta & Artistik: Sutrisno

TAMANSARI

Selasa, 08 September 2009


Tamansari

Tamansari adalah taman kerajaan atau pesanggrahan Sultan Yogya dan keluarganya. Sebenarnya selain Taman Sari, Kesultanan Yogyakata memiliki beberapa pesanggrahan seperti Warungboto, Manukberi, Ambarbinangun dan Ambarukmo. Kesemuanya berfungsi sebagai tempat tetirah dan bersemadi Sultan beserta keluarga. Disamping komponen-komponen yang menunjukkan sebagai tempat peristirahatan, pesanggrahan-pesanggrahan tersebut selalu memiliki komponen pertahanan. Begitu juga hanya dengan Tamansari.

Letak Tamansari hanya sekitar 0,5 km sebelah selatan Kraton Yogyakarta. Arsitek bangunan ini adalah bangsa Portugis, sehingga selintas seolah-olah bangunan ini memiliki seni arsitektur Eropa yang sangat kuat, disamping makna-makna simbolik Jawa yang tetap dipertahankan. Namun jika kita amati, makna unsur bangunan Jawa lebih dominan di sini. Tamansari dibangun pada masa Sultan Hamengku Buwono I atau sekitar akhir abad XVII M. Tamansari bukan hanya sekedar taman kerajaan, namun bangunan ini merupakan sebuah kompleks yang terdiri dari kolam pemandian, kanal air, ruangan-ruangan khusus dan sebuah kolam yang besar (apabila kanal air terbuka).

Bagian - bagian Tamansari:

  1. Bagian Sakral
    Bagian sakral Tamansari ditunjukkan dengan sebuah bangunan yang agak menyendiri. Ruangan ini terdiri dari sebuah bangunan berfungsi sebagai tempat pertapaan Sultan dan keluarganya.
  2. Bagian Kolam Pemandian
    Bagian ini merupakan bagian yang digunakan untuk Sultan dan keluarganya bersenang-senang. Bagian ini terdiri dari dua buah kolam yang dipisahkan dengan bangunan bertingkat. Air kolam keluar dari pancuran berbentuk binatang yang khas. Bangunan kolam ini sangat unik dengan pot-pot besar didalamnya.
  3. Bagian Pulau Kenanga
    Bagian ini terdiri dari beberapa bangunan yaitu Pulau Kenanga atau Pulau Cemeti, Sumur Gemuling, dan lorong-lorong bawah tanah.

Pulau Kenanga atau Pulau Cemeti adalah sebuah bangunan tinggi yang berfungsi sebagai tempat beristirahat, sekaligus sebagai tempat pengintaian. Bangunan inilah satu-satunya yang akan kelihatan apabila kanal air terbuka dan air mengenangi kawasan Pulau Kenanga ini. Disebutkan bahwa jika dilihat dari atas, bangunan seolah-olah sebuah bunga teratai di tengah kolam sangat besar.

Sumur Gemuling adalah sebuah bangunan melingkar yang berbentuk seperti sebuah sumur didalamnya terdapat ruangan-ruangan yang konon dahulu difungsikan sebagai tempat sholat.

Sementara itu lorong-lorong yang ada di kawasan ini dahulu konon berfungsi sebagai jalan rahasia yang menghubungkan Tamansari dengan Kraton Yogyakarta. Bahkan ada legenda yang menyebutkan bahwa lorong ini tembus ke pantai selatan dan merupakan jalan bagi Sultan Yogyakarta untuk bertemu dengan Nyai Roro Kidul yang konon menjadi istri bagi raja-raja Kasultanan Yogayakarta. Bagian ini memang merupakan bagian yang berfungsi sebagai tempat pertahanan atau perlindungan bagi keluarga Sultan apabila sewaktu-waktu ada serangan dari musuh.

Tamansari adalah sebuah tempat yang cukup menarik untuk dikunjungi. Selain letaknya yang tidak terlalu jauh dari Kraton Yogyakarta yang merupakan obyek wisata utama kota ini, Tamansari memiliki beberapa keistimewaan. Keistimewaan Tamansari antara lain terletak pada bangunannya sendiri yang relatif utuh dan terawat serta lingkungannya yang sangat mendukung keberadaannya sebagai obyek wisata.

Di lingkungan Tamansari ini dapat dijumpai masjid Saka Tunggal yang memiliki satu buah tiang. Meskipun masjid ini dibangun pada abad XX, namun keunikannya tetap dapat menjadi aset dikompleks ini. Disamping itu, kawasan Tamansari dengan kampung tamam-nya ini sangat terkenal dengan kerajinan batiknya. Kita dapat berbelanja maupun melihat secara langsung pembuatan batik-batik yang berupa lukisan maupun konveksi. Kampung Tamansari ini sangat dikenal sehingga banyak mendapat kunjungan baik dari wisatawan mancanegara maupun wisata nusantara. Tidak jauh dari Tamansari, dapat dijumpai Pasar ngasem yang merupakan pasar tradisional dan pasar burung terbesar di Yogyakarta. Beberapa daya tarik pendukung inilah yang membuat Tamansari menjadi salah satu tujuan wisata Yogyakarta Kraton Yogyakarta.

Indahnya Bahasa Indonesia Dibanding Malaysia

HIDUP Bahasa INDONESIA !!!

INDONESIA : Kementerian Hukum dan HAM
MALAYSIA : Kementerian Tuduh Menuduh

INDONESIA : Kementerian Agama
MALAYSIA : Kementerian Tak Berdosa ... ( oh please... )

INDONESIA : Angkatan Darat
MALAYSIA : Laskar Hentak-Hentak Bumi

INDONESIA : Angkatan Udara
MALAYSIA : Laskar Angin-Angin ( Kaya sandiwara Brama
kumbara )

INDONESIA : 'Pasukaaan bubar jalan !!!'
MALAYSIA : 'Pasukaaan cerai berai !!!'......(Oh
my Good)

INDONESIA : Merayap
MALAYSIA : Bersetubuh dengan bumi ( Ga gila dwoong..)

INDONESIA : rumah sakit bersalin
MALAYSIA : hospital korban lelaki ( bener juga sih....)
Ha........ha.
.......

INDONESIA : telepon selular
MALAYSIA : talipon bimbit

INDONESIA : Pasukan terjung payung
MALAYSIA : Aska begayut

INDONESIA : belok kiri, belok kanan
MALAYSIA : pusing kiri, pusing kanan ( Migrant..kaleee )

INDONESIA : Departemen Pertanian
MALAYSIA : Departemen Cucuk Tanam ( yuu marie….)

INDONESIA : 6.30 = jam setengah tujuh
MALAYSIA : 6.30 = jam enam setengah

INDONESIA : gratis bicara 30menit
MALAYSIA : percuma berbual 30minit

INDONESIA : tidak bisa
MALAYSIA : tak boleh

INDONESIA : WC
MALAYSIA : tandas

INDONESIA : Satpam/sekuriti
MALAYSIA : Penunggu Maling (emang harus maling yang ditunggu?)

INDONESIA : Aduk
MALAYSIA : Kacau

INDONESIA : Di aduk hingga merata
MALAYSIA : kacaukan tuk
datar

INDONESIA : 7 putaran
MALAYSIA : 7 pusingan (capek duuuwweeehhh)

INDONESIA : Imut-imut
MALAYSIA : Comel benar (baah..)

INDONESIA : pejabat negara
MALAYSIA : kaki tangan Negara

INDONESIA :bertengkar
MALAYSIA : bertumbuk

INDONESIA : pemerkosaan
MALAYSIA : perogolan

INDONESIA : Pencopet
MALAYSIA : Penyeluk Saku

INDONESIA : joystick
MALAYSIA : batang senang (....)

INDONESIA : Tidur siang
MALAYSIA : Petang telentang (telentang ????.....:-)

INDONESIA : Air Hangat
MALAYSIA : Air Suam

INDONESIA : Terasi
MALAYSIA : Belacan (hm...sama dg bahasa melayu ptk)

INDONESIA : Pengacara
MALAYSIA : Penguam

INDONESIA : Sepatu
MALAYSIA : Kasut (temennya
kasur)

INDONESIA : Ban
MALAYSIA : Tayar (Tonjok….kalo bahasa Jatim)

INDONESIA : remote
MALAYSIA : kawalan jauh (maksudnya???)

INDONESIA : kulkas
MALAYSIA : peti sejuk (weleh)

INDONESIA : chatting
MALAYSIA : bilik berbual

INDONESIA : rusak
MALAYSIA : tak sihat

INDONESIA : keliling kota
MALAYSIA : pusing pusing ke bandar (Ya emang kalo
sering main ke Bandar..jadinya pusing terus)

INDONESIA : Tank
MALAYSIA : Kereta kebal (suntik kale..)

INDONESIA : Kedatangan
MALAYSIA : ketibaan

INDONESIA : bersenang-senang
MALAYSIA : berseronok (Kena RUU pornografi l…lho)

INDONESIA : bioskop
MALAYSIA : panggung wayang ........(ahhahhahah. ....)

INDONESIA : rumah sakit jiwa
MALAYSIA : gubuk gila ……..(Gubug Derita …kaleee)

INDONESIA : dokter ahli jiwa
MALAYSIA : Dokter gila
(yg gila jd sapa....hehehe...)

INDONESIA : narkoba
MALAYSIA : dadah (?????)

INDONESIA : pintu darurat
MALAYSIA : Pintu kecemasan (Pintu Gelisah ….)

INDONESIA : hantu Pocong
MALAYSIA : hantu Bungkus ( pesen 1, satu bang…)

INDONESIA : Kipas Angin
MALAYSIA : Mesin Tiup (hehe....)

Sony Ericsson Gelar Kontes Pembuatan Tema Ponsel

Rabu, 02 September 2009

JAKARTA, KOMPAS.com -Sony Ericsson menggelar kontes pembuatan tema ponsel yang dibuat dengan aplikasi Theme Creator. Kunjungi www.jagoandesain.com, dan langsung download aplikasi Sony Ericsson Theme Creator secara cuma-cuma untuk berkreasi seluas-luasnya.

Tema yang diperlombakan adalah Keragaman Budaya Indonesia. Anda bisa bebas mengekspresikan kreativitas Anda di dalam tema tersebut, termasuk subtema khusus Indonesia Fashion and Beauty. Selain itu, Anda juga bisa memasukkan tema ciptaan Anda ke dalam ponsel Sony Ericsson Anda, dan jadilah satu-satunya orang di dunia yang memiliki tema orisinil tersebut.

"Pemerintah telah mencanangkan tahun 2009 ini sebagai Tahun Indonesia Kreatif. Sony Ericsson sangat mendukung inisiatif ini, dan sekaligus juga kami ingin para pengguna Sony Ericsson agar memperoleh kesenangan yang seluas-luasnya dalam berponsel. Ini berarti tidak membatasi diri hanya pada konten inovatif yang kami berikan, tetapi para pencinta Sony Ericsson juga bisa memberikan sentuhan personal kepada ponsel Sony Ericsson mereka," tutur Djunadi Satrio, Head of Marketing Sony Ericsson Indonesia.

Kontes Sony Ericsson Theme Creator ini terbuka bagi siapa saja. baik tua maupun muda. Kontes terbagi ke dalam tiga kategori: pelajar/mahasiswa, umum, dan media. Setiap peserta bisa mengirimkan desain sebanyak mungkin. Akan dipilih 5 pemenang untuk memenangkan ponsel Sony Ericsson. Terdapat juga hadiah khusus berupa kursus singkat multimedia design dari Imago First Media Design School, dan gratis berlangganan majalah Femina Group.

Dari lima pemenang di atas, satu kreasi Best of the Best Design akan ditampilkan secara permanen di dalam ponsel Sony Ericsson, dan Anda pun akan terkenal di seluruh Indonesia. Segeralah berkreasi, sebelum kontes ditutup tanggal 30 September 2009.

Cara Gampang Memulai Percakapan


KOMPAS.com - Mungkin terlihat sepele, tetapi pembicaraan bisa jadi hal yang menyeramkan untuk orang yang pemalu. Karena memulai pembicaraan dengan orang yang sama sekali asing bagi sebagian orang adalah hal yang mendebarkan. Berikut adalah tips untuk memulai percakapan, ketika suasana sudah mulai garing dan Anda bisa mendengar helaan napas seseorang di sebelah Anda itu.

Mulai dari yang kecil
Ada saat ketika Anda tak punya pilihan untuk memulai percakapan dengan orang yang ada di sebelah Anda. Misal, saat makan siang, yang sudah tiba di ruang makan baru Anda dan salah satu pegawai yang sudah lebih lama bekerja di sana. Hal semacam ini sebenarnya merupakan kesempatan bagi Anda untuk menambah kenalan. Yang perlu ditanamkan dalam pikiran Anda adalah untuk tidak menilai bicara dengan rekan kerja sebagai tugas yang berat. Hal ini akan membuat tekanan di pikiran Anda teralihkan. Jadilah diri Anda sendiri.

Sue Thompson, pelatih etiket dari Set Free Life Seminars menyarankan Anda untuk menggunakan aturan 3 bulanan. Dalam arti, mulailah dengan sesuatu yang pernah Anda kerjakan dalam waktu 3 bulan terakhir atau perencanaan yang ingin Anda lakukan dalam 3 bulan ke depan. Akan lebih baik jika dalam kegiatan tersebut orang yang diajak bicara juga terlibat. Namun, jika tidak, pembicaraan mengenai sesuatu mengenai Anda pun sudah cukup. Misal, rencana untuk mengecat ulang rumah, rencana untuk berlibur, atau rencana lainnya. Selain akan membuat Anda merasa nyaman untuk membicarakan topik ini, orang yang diajak bicara pun bisa menyampaikan pendapat atau pengalamannya mengenai hal tersebut.

Lynne Eisaguirre, penulis We Need to Talk: Tough Conversations With Your Boss, menyarankan untuk mengajukan pertanyaan terbuka. Pertanyaan terbuka adalah pertanyaan-pertanyaan yang dimulai dengan siapa, apa, di mana, dan kapan. Pertanyaan-pertanyaan ini akan mengalirkan pembicaraan ketimbang pertanyaan yang bisa dijawab hanya dengan "ya" atau "tidak".

Percakapan adalah jembatan untuk hubungan yang lebih erat antara dua orang. Usir godaan untuk duduk diam seribu bahasa padahal ada orang di dekat Anda. Selalu usahakan untuk menciptakan pembicaraan. Hubungan kerja Anda adalah kesejahteraan Anda di tempat kerja.

Dengarkan
Percakapan berisi dari dialog. Ketika satu orang sedang bicara, yang lainnya mendengarkan. Jika tidak, yang ada hanyalah dua orang yang menunggu giliran berbicara, dan tak ada pertukaran ide. Mendengarkan dalam sebuah percakapan, sama pentingnya dengan bicara, terang Lynne Sarikas, direktur MBA Career Center di Northeastern University's College of Business Administration.

Ada ujar-ujar yang menyatakan, “Ada alasan mengapa manusia memiliki 2 telinga dan 1 mulut; yakni agar kita bisa mendengarkan lebih sering ketimbang bicara”. Tunjukkan rasa hormat kepada lawan bicara Anda dengan mendengarkan seksama apa yang mereka katakan. Caranya, dengan mengerti ucapan mereka, baik dengan ucapan mengulang kata terakhir mereka, atau dengan anggukan sudah cukup sopan. Lontarkan pertanyaan untuk membuat mereka menyadari, bahwa Anda menyimak omongannya. Sebut namanya. Jangan menginterupsi ketika mereka bicara.

Hanya karena seseorang memiliki jabatan lebih tinggi dari Anda, tak berarti Anda harus belajar segalanya lagi dari awal. Hanya diperlukan sedikit kepercayaan diri untuk mau berusaha bicara dengan orang lain.

Berikut tips untuk mengingatnya:
* Bicarakan tentang sesuatu yang Anda ketahui
Untuk memulai pembicaraan, Anda bisa menggunakan topik pekerjaan, keluarga, hobi, atau peristiwa terbaru (asal tak terlalu kontroversial). Biarkan pembicaraan mengalir dari sana.

* Dengarkan
Pastikan Anda mengijinkan orang lain untuk bicara. Jangan lupa untuk memerhatikan arah pembicaraan. Jika mereka terlihat atau terdengar tak tertarik untuk membicarakan topik seputar pekerjaan, tapi terlihat tertarik saat Anda menyebut akan mengadopsi anak anjing, ikuti arahnya.

* Personal
Dalam pekerjaan, tak jarang Anda harus berhadapan dengan orang yang sama berulang-ulang. Hal ini memang bisa mempererat hubungan. Tetapi sayangnya, hal ini juga membatasi Anda untuk mengenal kolega yang lain. Jika Anda kebetulan memiliki kesempatan berada dalam lokasi yang sama dengan seseorang yang belum Anda kenal di kantor, gunakan kesempatan tersebut sebaik-baiknya. Berkenalanlah dengan orang tersebut untuk memperluas kontak Anda.

* Memulai percakapan
Jangan malu untuk membuka percakapan dengan teman sekantor. Tak pernah ada salahnya, asal Anda tak mengatakan hal-hal yang mengganggunya. Siapa tahu dengan percakapan kecil beberapa menit tersebut, Anda bisa bekerja sama dan saling membantu di masa depan.

Lomba Foto ” WAJAH PENDIDIKAN INDONESIA “ 2009

Deadline: 30 Oktober 2009, pukul 23:00 WIB

SYARAT & KETENTUAN:

1. KATEGORI PESERTA : Kompetisi ini terbagi menjadi 3 Kategori, sbb:
A. Sekolah Menengah (SM)
B. Perguruan Tinggi (PT)
C. Umum (UM)

2. Foto yang dikirimkan adalah hasil karya sendiri, bukan hasil rekayasa dan reproduksi.

3. BATAS AKHIR PENGIRIMAN : Batas akhir pengiriman foto dilakukan pada 30 Oktober 2009, pukul 23:00 WIB.

4. PERIODE PENGAMBILAN FOTO : Foto yang diikutsertakan dalam lomba harus diambil dalam periode waktu 1 Juli 2008 – 10 Oktober 2009.

5. JUMLAH FOTO : Setiap peserta berhak mengirimkan maksimal 5 foto.

6. FORMAT FOTO : Foto yang dikirimkan wajib mengikuti format yang telah ditetapkan sbb:
a. Sisi terpanjang minimal 1024 pixel
b. Resolusi minimal 72 dpi
c. Save file dalam format JPG (Compression 10)

7. EDITING FOTO : Editing foto hanya di perbolehkan sebatas Basic Editing (dalam photoshop brightness/contrast, levels, hue/saturation, Cropping tidak diijinkan lebih dari 30% foto asli)

8. PENAMAAN FILE : Penamaan file wajib mengikuti aturan penamaan sbb:
(tanggal pengiriman file)_(nama pengirim)_(kategori: kode SM; PT; UM)_(nomor foto, sesuai jumlah foto yang dikirimkan)

Contoh untuk masing-masing kategori sbb:

a. Kategori Sekolah Menengah : 22072009_hariyanto_SM_01

b. Kategori Perguruan Tinggi : 25082009_Irwanto_PT_01

c. Kategori Umum : 21052009_Rianti_UM_01

9. Foto yang diikutsertakan dalam kompetisi ini belum pernah diikutsertakan dalam kompetisi foto lain.

10. PENGIRIMAN FOTO : Foto dikirimkan dalam bentuk digital ke: satuhatifoto01@yahoo.com;

Peserta WAJIB menyertakan :
a. Nama pengirim
b. Kategori
c. Usia
d. Alamat Rumah
e. Nomor Telepon
f. Cerita singkat mengenai foto yang dibuat
g. Ketik Subject pada email: Kompetisi Foto Wajah Pendidikan Indonesia
h. CAPTION (When, Where, Who, Why, What, How)

Contoh caption:

TERLAMBAT MASUK SEKOLAH: Siswa SMP 111 Kemanggisan Jakarta Barat menguap di depan pagar sekolah yang sudah ditutup saat hari pertama belajar mengajar, Senin (5/12/2008). Pemberlakuan dimajukannya jam masuk sekolah menjadi pukul 06:30 WIB membuat banyak siswa terlambat karena belum mampu menyesuaikan dengan peraturan yang baru ditetapkan tersebut.

MI/HIMANDA AMRULLAH (Nama Anda)
i. Exif (data dari kamera), yang berisi informasi :
* jenis / tipe kamera yang digunakan
* diafragma
* shutter speed
* jenis lensa (optional)
* story behind the scene (sedikit cerita mengenai foto)
* software yang digunakan untuk editing (jika di edit)
* serta informasi lain jika ada.

11. Hak Cipta merupakan milik fotografer. Namun dengan mengikuti kompetisi foto ini, fotografer memberikan izin bagi Pocari Sweat untuk menggunakan hasil foto dalam publikasi dan website.

12. Keputusan dewan juri adalah mutlak.

13. DISKUALIFIKASI FOTO PESERTA : Foto yang tidak mengikuti syarat dan ketentuan diatas dinyatakan diskualifikasi.

14. Keterangan dan Informasi lebih lanjut Hubungi:
(021) 5812088 Ext. 1352, Email: nita@mediaindonesia.com

15. HADIAH:

A. Sekolah Menengah
Juara I : Rp 2.500.000
Juara II : Rp 1.500.000
Juara III : Rp 1.000.000

B. Perguruan Tinggi
Juara I : Rp 5.000.000
Juara II : Rp 3.000.000
Juara III : Rp 2.000.000

C. Umum
Juara I : Rp 5.000.000
Juara II : Rp 3.000.000
Juara III : Rp 2.000.000

16. Peserta tidak dikenakan biaya pendaftaran/administrasi

17. Profil Juri: (TBA)

18. Perjanjian Penyelenggara dan Peserta Terhadap Pihak Ke-3: (TBA)

INFORMASI:

Antonius Riva, HP. 08176600352 (PannaFotoInstitute)

Nita, Telp. (021) 581-2088 Ext. 1352, HP. 021-80721889 (Media Indonesia)

 
 
 

Prestasi Jogja

 
Copyright © love jogja